Rabu, 11 September 2013

Laser Yang Bisa Menyilaukan Astronot


Laser sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia dan bisa juga ditemukan dalam perangkat elektronik seperti CD dan DVD player. Kekuatan laser tersebut sangat kecil dan tidak memberikan efek negatif secara langsung bagi manusia. 

Namun, Laser Spider 3 Krypton ternyata berbeda. Laser genggam ini memiliki jangkauan 85 mil (135 km) dan bisa menyilaukan astronot yang ada di luar angksasa. Bahkan, sinarnya mampu digunakan untuk menunjukkan obyek di luar atmosfer bumi. 

"Kebanyakan pelanggan profesional kami menggunakannya dalam penelitian militer, industri, dan ilmiah," kata CEO Wicked Laser sebagai produsen Krypton di Amerika Serikat, Steve Liu. "Sebagai kebijakan perusahaan kami tidak menentukan secara spesifik cara penggunaannya dan hanya mendorong penanganan profesional dan bertanggung jawab dari produk tersebut." 

Dalam pemasarannya, produsen Laser Spider 3 Krypton menawarkan fitur keamanan seperti kode untuk mencegah penggunaan yang tidak diinginkan pada perangkat. Mereka juga memperingatkan untuk tidak mengarahkan laser pada kendaraan, pilot, binatang, manusia atau satelit. 

Sinar hijau yang dipancarkan benda ini cukup kuat untuk membakar kertas dan korek api dari seberang ruangan. Laser ini memiliki mikroprosesor built-in yang mencegah laser menjadi terlalu panas. 

"Sangat disarankan memakai kacamata pengaman," kata Steve. Satu unit laser plus sepasang kacamata pelindung dijual dengan harga 299 dolar atau sekitar Rp 2,5 juta. 

Spider 3 Krypton saat ini sementara ditinjau oleh Guinness Book of Records sebagai laser genggam paling terang di dunia. Benda ini memiliki mempunyai kekuatan 8.000 kali lebih terang dari pada saat melihat langsung ke matahari. 

0 komentar:

Posting Komentar